Harvest Moon : Sunshine Island ( Hewan - Hewan )


Ada7 jenis hewan yang bisa kamu pelihara: anjing, kucing, kuda, babi, ayam, sapi, dan domba. Selain 7 hewan tersebut, kamu juga bisa berteman dengan hewan liar di Animal Island seperti tikus, burung, kelinci, bebek, luak, dan monyet.

Taking Care of Your Animals
Perawatannya tidak jauh-jauh dengan seri Harvest Moon sebelumnya. Bicara/angkat mereka, beri makan, dan sikat mereka (kuda, sapi, domba) setiap hari. Apabilah hewan kamu sakit, sembuhkan mereka dengan Animal Medicine yang bisa dibeli di toko Mirabelle. Keluarkan mereka semua saat cuaca cerah.
Untuk anjing, kuda, kucing, babi, kamu tetap harus memberikan mereka makanan walaupun mereka berada di luar. Untuk ayam, sapi, dan domba, jangan lupa buat pagar dengan kayu atau batu apabila kamu mengeluarkan mereka. Tanam juga Grass Seeds untuk sapi dan domba, saat Winter masukkan mereka kembali. Terkadang kamu akan melihat ada gambar tangan di atas mereka, artinya mereka ingin dielus. Gunakan Stylus untuk mengelus mereka sampai pipi merah dan bentuk mata seperti huruf U yang kemudian akan berakhir dengan sendirinya. Ketiga hewan ternak memiliki umur, untuk ayam adalah 3 tahun, domba 4 tahun, dan sapi 5 tahun.

Cara mendapatkan ketujuh hewan piaraan:

  •  Dog

Setelah poin Animal Degree mencukupi, Mirabelle akan memberimu anjing. Anjing kamu dapat mengusir anjing liar yang muncul secara random di peternakanmu apabila kamu mengeluarkan hewan ternak lain seperti ayam/sapi/domba. Kamu dapat berlatih mini game Frisbee di Stable. Dorong Stylus dari kiri ke kanan, semakin kuat dan jauh kamu mendorongnya, semakin jauh Frisbee yang dilempar. Sering-seringlah berlatih dan naikkan hatimu dengannya agar menjadi juara di Dog Festival.

Icon yang muncul di atas anjingmu menunjukkan seberapa jauh Frisbee yang bisa dia tangkap.
Tanda kesal: ~20m
Tanda keringat: ~30m
Tanda !: ~40m
Tanda musik: ~50m
Tanda hati: ~60m

  •  Horse

Kamu harus berteman dengan Mirabelle dan memiliki sekitar 2 hati. Kamu dapat berlatih mini game Horse Race di Stable. Kamu disuruh meneriakkan kata-kata apa saja untuk membuat kudamu bersemangat, tapi pada dasarnya cukup tiup saja micnya - hanya saat icon keringat muncul. Sering-seringlah berlatih dan naikkan hatimu dengannya agar menjadi juara di Horse Festival.

  •  Cat

Didapatkan setelah menghabiskan 30,000 G di toko Mirabelle. Kamu dapat berlatih mini game Foxtail di Stable. Pertama, ayunkan Foxtail ke kiri-kanan dengan Stylus sampai kucing kamu melihatmu. Setelah itu ayunkan saat tanda “!” muncul dan berhenti saat tanda … muncul. Saat dia mendekatimu, akan ada tanda musik yang muncul, segera tap kucingmu, ini adalah bagian yang tersulit. Kalau gagal, ayunkan lagi seperti biasa. Sering-seringlah berlatih dan naikkan hatimu dengannya agar menjadi juara di Cat Festival.

  •  Pig
Untuk mendapatkan babi, kamu harus menjual 100 jamur. Setelah itu kunjungi MushroomIsland, akan ada event dengan Gannon dan Chen. Berbeda dengan hewan lainnya, babi akan tetap tinggal di Mushroom Island. Kamu bisa memberinya makanan lain (kesukaannya telur). Keluarkan telur dan dia akan mengejarmu dengan icon musik, berikan padanya saat dia mendekatimu. Kalau kamu mengeluarkannya, dia bisa mencarikan jamur untukmu – termasuk jamur langka. Angkat dan lepaskan dia untuk memburu jamur. Saat dia mencari, dia akan masuk ke semak dan saat dia keluar, segera tangkap untuk mengambil jamurnya. Kalau kelamaan, jamur tersebut akan dimakannya.

  •  Chicken

Kamu harus meminta Gannon membangun Chicken Coop terlebih dahulu. Apabila kamu sudah membangun Incubator, kamu tidak perlu membeli ayam lagi dan cukup tempatkan telur di sana. Telur akan menetas dalam 3 hari dan anak ayam akan lahir yang akan dewasa setelah 8 hari. Kalau kamu menjual Egg dengan Rank S, Mirabelle akan mulai menjual Silkie Chicken yang nantinya menghasilkan Silkie Egg, namun tidak setiap hari.

  •  Cow
Kamu harus meminta Gannon membangun Animal Barn terlebih dahulu. Setelah sapi dewasa, kamu dapat memerah susunya dengan Milker. Terkadang kamu akan melihat ada gambar Milker di atasnya yang akan membawamu ke mini game. Untuk memerah susu, sentuh tanda cakar yang ada di kanan bawah saat panah berada di atas S/M/L. Mini game memberimu kesempatan untuk mendapatkan produk dengan Rank S. Kalau kamu menjual Milk dengan Rank S, Mirabelle akan mulai menjual Jersey Cow yang nantinya menghasilkan Jersey Milk, namun tidak setiap hari.
Susu bisa dipeah tiap hari. Gunakan Cow Miracle Potion ke sapi yang sudah dewasa untuk membuatnya hamil. Sebelum menggunakannya, kamu harus membangun Birthing Pen terlebih dahulu dan jangan memerah susunya. Bicara dengannya setiap hari dan tempatkan Fodder di Birthing Pen tempatnya berada. Anak sapi akan lahir setelah 21 hari dan akan dewasa setelah 18 hari. Jangan langsung gunakan Cow Miracle Potion, tunggu sampai stress sapimu turun baru gunakan lagi.

  •  Sheep
Harus punya Animal Barn dulu. Setelah domba dewasa, kamu dapat menggunting bulunya dengan Clipper. Terkadang kamu akan melihat ada gambar Clipper di atasnya yang akan membawamu ke mini game. Untuk menggunting bulu domba, kamu cukup menyentuh domba yang berlari. Mini game memberimu kesempatan untuk mendapatkan produk dengan Rank S. Kalau kamu menjual Wool dengan Rank S, Mirabelle akan mulai menjual Suffolk Sheep yang nantinya menghasilkan Suffolk Wool. Bulu domba akan tumbuh kembali setelah 3 hari. Gunakan Sheep Miracle Potion ke domba dewasa untuk membuatnya hamil. Domba yang hamil tidak bisa disikat atau digunting bulunya. Bicara dengannya setiap hari dan tempatkan Fodder di Birthing Pen tersebut. Anak domba akan lahir setelah 16 hari dan tumbuh dewasa dalam 16 hari. Seperti halnya sapi, jangan suruh dombamu hamil dulu sampai stress-nya turun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar