Harvest Moon : hero of leaf ( panduan bermain/walktrough )


Perubahan dari seri Save The Homeland yang sebelumnya ada di PS2 dengan adanya sederet fitur-fitur baru. Di sini, kamu akan memerankan Jack untuk membantu menyelamatkan Leaf Valley dari Funland Company yang berencana menghancurkan desa kecil ini untuk dijadikan taman bermain. Sudah tentu apapun usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut tidak akan mempan melawan kamu dengan walkthrough ini.
Platform: PSP
Developer: Marvelous
Publisher: Natsume
Genre: Simulation

BEWARE
  1. Waktumu hanya 2 tahun untuk mendapatkan ending dalam mencegah penghancuran desa, jadi pergunakan waktu yang ada sebisa mungkin.
  2. Ketika ending yang kamu incar memiliki sebuah event dan kamu melewati batas waktu event tersebut muncul, kamu tidak dapat lagi mengambil ending tersebut.
  3. Lumber sangat penting dan sulit didapat karena untuk mendapatkan 1 buah lumber saja kamu akan menghabiskan stamina sekitar 50% dan hanya dapat dilakukan kurang lebih 3 hari sekali.
  4. Jangan menggantungkan diri mencari uang dengan cara bercocok tanam karena hasil yang didapat tidak sebanding.
  5. Selalu cek Delivery Request atau Wanted Items di setiap toko untuk melihat barang apa saja yang memberikan keuntungan maksimum setiap musim
  6. Segera upgrade rucksack kamu di Louis agar jumlah item yang dapat kamu bawa di tas bertambah banyak untuk menyimpan barang sebelum mempunyai kulkas. Barang-barang selain makanan dapat disimpan di tool box warna hijau sebelah TV.
  7. Jangan menanam biji tanaman waktu hujan, karena akan hilang disapu hujan.
  8. Jika kesulitan menemukan tempat yang kamu tuju, bukalah peta dengan tombol Select.


THE BEGINNING
            Pada awalnya akan ada sedikit event dan menjelaskan permulaan game ini sekaligus memperkenalkanmu pada harvest sprites. Kamu akan diberi 3 pertanyaan mengenai sifatmu. Tidak seperti versi PS2 yang akan menentukan tingkat kesulitan game, menjawab pilihan tertentu akan menambah poin persahabatan terhadap orang tertentu. Berikut adalah daftarnya

            Jika kamu menjawab semua pertanyaan dengan tindakan baik (pilihan 1) :
                        Dia, Harvest Goddess, Bob, Joe, Wallace,Chester, Nak
            Jika kamu menjawab dengan campuran baik dan buruk:
                        Gwen, Lyla, Aurelia,Alice, Parsley, Tim, Woody, Martha, Flak
            Jika kamu menjawab semua pertanyaan dengan tindakan buruk (pilihan 2) :
                        Katie, Gina, Kurt, Ronald, Charles,Renton, Rudolph, Nic

CALENDAR
            Fungsi kalender akan bertambah banyak di sini. Semua ulang tahun tiap penduduk akan tercatat di kalender, jadi tidak perlu bingung mencatat kapan ulang tahun siapa. Fungsi lain dari kalender yaitu kamu dapat melihat kapan akan sering turun hujan ataupun cerah. Setiap tanggal di kalender akan memiliki latar belakang warna tertentu.

                        Warna kuning : Mild, kemungkinan hujan dan cerah sekitar 50-50
                        Warna merah : Dry, kemungkinan turun hujan sangat kecil
                        Warna biru : Wet, kemungkinan hujan sangat besar.

            Tetapi untuk amannya jika ingin mengetahui cuaca besok, lihatlah TV di channel kiri.

CROPS
            Ada banyak sekali tanaman yang dapat kamu tanam di field. Tanah yang dapat kamu tanami hanya yang ada di depan rumahmu. Satu biji hanya dapat ditanam di 1 petak tanah, bukan 3x3 seperti biasa. Jika ada tanaman yang bertipe berbuah dan dapat ditanam di berbagai musim (seperti rice), kamu harus tetap menanamnya ulang di setiap musim.Ada juga varian Mineral Crops, cara mendapatkannya dengan cara menggunakan Mineral Crystal ke biji yang baru disebar ke tanah.
Jangan memusatkan pada bertani karena uang yang dihasilkan kecil. Tanamlah tanaman yang ada di daftar Wanted Items atau Delivery Request di setiap toko sebelum mulai menanam agar kamu tahu tanaman mana saja yang akan memberikan keuntungan terbesar bagimu.
            Jika kamu memenangkan mesin penggabung tanaman (seperti Tartan di Wonderful Life) dari balapan kuda, kamu dapat menggunakannya untuk menggabungkan 2 jenis tanaman untuk menghasilkan tanaman yang akan menghasilkan 2 jenis hasil secara bersamaan. Tetapi hanya dapat dipanen sekali saja.


LIVESTOCK
            Ada 4 jenis hewan yang ada dalam dunia Hero of Leaf Valley yaitu anjing, kuda, ayam, dan sapi. Khusus untuk kuda, ayam, dan sapi, mereka akan mencari makan sendiri bila berada di luar kandang, tetapi untuk anjing tidak. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara merawat setiap hewan dan apa yang kamu dapatkan dengan memelihara hewan-hewan ini.

  1. Anjing
Anjing tidak langsung kamu dapatkan di sini, kamu harus meletakkan makanan di mangkuk yang ada di depan rumahmu untuk memberi makan anjing liar. Setelah sekitar 3 minggu (jika kamu memberi makan setiap hari) kamu akan mendapatkan anjing. Ada dua tipe anjing yaitu berpita merah seperti anjing Harvest Moon seperti biasa atau berpita biru dengan telinga tegak.

Setelah mendapatkan anjing, kamu harus tetap memberi makan anjingmu setiap hari dengan cara yang sama ketika ingin mendapatkan anjing. Kamu juga dapat membuat kandang anjing dengan 10 lumber dan gold di woody untuk melindungi anjingmu dari hujan. Jika belum memiliki kandang, masukkan saja ke dalam rumah jika hari hujan.

Tetap beri makan setiap hari dengan menaruh makanan di mangkuknya dan jangan lupa angkat dia. Makanan yang bagus seperti telur atau susu akan mempercepat penambahan hatinya. Setelah anjingmu minimal memiliki 1 hati, kamu dapat melatihnya menggunakan Ocarina yang dapat kamu beli di Louis. Gunakan Ocarina di depan anjingmu dengan menahan tombol kotak kemudian masukkan perintahnya. Berikut daftar perintah yang dapat kamu lakukan :

            Sit                                : atas, kiri, atas
            Diam                           : atas, bawah, bawah
            Mendatangimu            ; kiri, kanan, kanan
            Mencari barang*         : bawah, kiri, atas
            Mengejarmu                : kanan, kiri, kanan
            Melompat                    : kiri, atas, kanan
            Memohon                    : bawah, atas, atas

Jika kamu masih belum bisa melakukan perintah yang ada, berarti anjingmu masih belum cukup dekat denganmu.

*Perintah ini juga digunakan untuk mencari power berries. Lokasi di mana harus melakukan perintah ini akan dijelaskan di bawah.

  1. Kuda
Kuda dapat didapatkan dengan dua cara, yaitu membeli di Bob dengan 5.000G atau berkerja paruh waktu merawat ternak kuda dan sapi. Jika kamu rajin bekerja di Bob dan merawat hewan-hewan miliknya dengan baik, kamu akan mendapatkan kuda pada tanggal 2 Summer.

Jika kamu membeli kuda, kuda yang kamu dapatkan pasti berwarna coklat. Sedangkan jika kamu memilih berkerja paruh waktu, kamu dapat memilih kuda yang ingin kamu dapatkan dengan cara sikat dan ajak bicara kuda yang kamu inginkan dan jangan sikat kuda lainnya. Lakukan hal yang tersisa seperti memerah susu sapi dan lainnya sampai perkerjaanmu selesai.

Bob akan membawakanmu kuda yang kamu inginkan tersebut jika memang sudah waktunya. Kamu harus melakukan kerja part-time ini berulang kali agar Bob memberikan kudanya, lakukan saja terus menerus karena kerja part-time ini salah satu cara mendapat uang cepat (jelasnya lihat di part-time jobs)

Sikat dan ajak bicara setiap hari dan keluarkan dari kandang bila hari cerah. Kamu hanya dapat mengajak bicara jika kamu menekan X di bagian KEPALA kuda karena jika kamu menekan X di bagian samping kuda, kamu akan menaiki kuda tersebut yang di mana pada awal mendapatkan kuda hal tersebut tidak dapat dilakukan. Jangan lupa memberi makanan di tempat makannya bila kuda milikmu berada di dalam kandang.

  1. Ayam
Pada awalnya kamu hanya dapat memelihara 3 ayam dan dapat bertambah menjadi 5 bila kamu meng-upgrade kandang ayam tersebut. Pertama kali kamu dapat membeli ayam seharga 500G di Bob. Tetapi kamu bisa mendapatkannya gratis dengan cara melakukan kerja part-time di Ronald yang berhadiah sebutir telur. Letakkan di incubator yang berada di dalam kandang untuk mendapatkan anak ayam. Lakukan ini sebanyak 3 kali untuk dapat mendapatkan 3 ayam secara gratis.

Cara merawat ayam hampir sama seperti anjing. Peluk (angkat) tiap hari dan jika hari cerah, keluarkan mereka agar mereka dapat mencari makan sendiri. Jika hari hujan, masukkan mereka dan jangan lupa memberi makan.


  1. Sapi
Sapi merupakan sumber uang yang dapat diandalkan di setiap musim karena harga susu yang dihasilkannya sangat tinggi. Pada awalnya kamu hanya dapat memelihara 3 sapi, tetapi dapat bertambah menjadi 5 bila kamu memperluas kandangnya. Harga seekor sapi 2500G dan harus menunggu sekitar 1 minggu baru bisa menghasilkan susu. Kamu juga dapat menggunakan Cow Miracle Potion seharga 1500G dan anak sapi akan lahir setelah 10 hari.

Cara perawatan sapi sama dengan kuda, tetapi kamu dapat memerah susunya menggunakan milker yang dapat kamu beli di Louis. Susu dapat diperah 1 hari sekali. Anak sapi yang baru lahir dapat kamu keluarkan dari kandang jika hari cerah, tidak perlu menunggu sapi tersebut lebih besar.

Cara mendapatkan Gold Egg atau Milk G:
         
            Ada beberapa poin kemungkinan di mana ayam atau sapimu akan menghasilkan produk emas (telur atau susu). Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah:
-          Periksa di Balance Sheet milikmu (periksa kasurmu, di bawah pilihan sleep). Kemudian periksa setiap simbol ayam atau sapi milikmu. Keterangan ayam yang dapat menghasilkan telur emas adalah “Maybe she’ll lay Golden Eggs now…?” sedangkan jika sapi adalah “Can now produce Gold Milk!?”
-          Produk emas tidak dapat dihasilkan setiap hari. Rasio kemungkinan ayam/sapi milikmu menghasilkan produk emas adalah :
Berada di dalam kandang dan diberi makan normal : 1 %
Berada di luar kandang : 5%
Berada di dalam kandang dan diberi makan Mineral Alfafa : 100%
-          Mineral Alfafa hanya efektif dalam sekali penggunaan (tidak permanen).

PART TIME WORK
            Ada 5 pekerjaan sambilan yang dapat kamu lakukan untuk mencari uang di sini. Pekerjaan tersebut antara lain :
  1. Memelihara hewan
Lokasi : Starling Ranch (Bob)
Waktu :8AM-5PM, kecuali Thursdays dan hari hujan
Gaji : 100G/jam + Milk S (130G)

Yang harus kamu lakukan di sini adalah merawat hewan-hewan milik Bob. Pertama-tama, masuklah ke kandang yang ada di kanan dan isi semua tempat makan hewan yang ada. Jika sudah selesai, keluarlah dan sikat serta ajak bicara semua hewan milik Bob. Perah susu sapi yang ada kemudian keluarlah untuk mengakhiri pekerjaanmu.
Kamu bisa mendapatkan uang yang banyak dengan cara menunggu sampai jam 6PM (maksimal). Kamu dibayar 100G per jam sehingga jika kamu berada selama 6 jam, kamu akan dibayar 600G. Lakukan pada awal-awal agar kamu tidak kesulitan uang serta mendapat kuda gratis.

  1. Memasak
            Lokasi : Clove Villa (Martha)
            Waktu :10AM-3PM, Monday – Friday. Meghabiskan 2 jam
            Gaji : 250G + bahan masakan tersisa
         
Di sini kamu harus memasak apa yang diminta oleh Martha menggunakan wajan atau panci yang ada di dapur tersebut. Masaklah sesuai dengan yang diperintahkan dan sesuai dengan jumlah yang diminta. Bila terdapat sisa bahan masakan, kamu akan mendapatkannya. Jika kamu gagal memenuhi permintaan Martha, kamu akan dibayar 50G.

  1. Menebang pohon
Lokasi : Woody Carpentry (Woody)
Waktu :9AM-2PM, kecuali Tuesday dan Thursday. Menghabiskan 3 jam
Gaji : 200G + (30G x lumber yang kamu dapatkan)

            Kamu akan berpindah ke tempat khusus untuk menebang pohon. Gunakan kapak untuk menebang pohon tua yang ada. Membutuhkan jumlah pukulan tertentu untuk menebang pohon yang ada. Ambil lumber yang muncul setelah pohonnya terjatuh dan ambil jamur-jamur yang ada karena dapat kamu bawa pulang. Jika sudah merasa cukup, bicaralah kepada Woody. Lakukan perkerjaan ini 5x agar dapat menebang kayu untuk keperluan pribadi.

  1. Menambang
Lokasi : Mine (Rudolph)
Waktu :9AM-1PM, Monday – Friday. Menghabiskan 4 jam
Gaji : 300G + harga total semua barang yang kamu dapatkan.

            Sistem menambang di sini sangat berbeda dengan Harvest Moon pada umumnya, jadi perhatikan tutorial dengan seksama. Usahakan menghubungkan banyak batu agar menghemat staminamu menghancurkan batu-batu itu. Mineral Crystal yang kamu dapat di pekerjaan ini akan diberikan semuanya kepadamu. Lakukan pekerjaan ini 5 kali untuk mendapatkan akses pribadi ke tambang ini.

  1. Merawat ayam
Lokasi : Grocery Store (Ronald)
Waktu :8AM-3PM, Monday-Saturday. Menghabiskan 2 jam
Gaji : 230G + 1 Egg

            Kamu cukup memberi makan setiap ayam yang ada kemudian mengambil semua telur dengan mengangkat ayam-ayam yang ada terlebih dahulu untuk memunculkan telur-telur mereka. Lakukan pekerjaan ini di awal-awal untuk mendapatkan telur yang bisa menjadi ayam dengan meletakkannya di incubator.

POWER BERRIES
            Power berries adalah item yang akan menambah maksimum stamina milikmu. Kamu dapat menemukan power berries dengan cara menggunakan perintah mencari barang kepada anjingmu. Berikut adalah lokasi tempat kamu dapat menemukan power berries.
-          Petak tanaman di sebelah rumah Lyla (Flower Shop)
-          Pohon di depan rumah Woody
-          Area ditengahPikeMountain(buka peta untuk lebih jelas)
-          Gundukan tanah di depan supermarket (toko Ronald)
-          Depan bar, di dekat pohon yang kecil
-          Goddess Spring, di area dekat 2 pohon berjejer
-         UjungtanggaPikeMountain
Hanya ada 4 power berries yang dapat ditemukan (2x stamina). Jika kamu sudah menemukan keempat Power Berries, kamu akan menemukan Truffle atau Pontata Roots.

FISHING
            Kamu dapat memulai memancing dengan cara membeli sebuah tongkat pancing di Louis Tool Shop seharga 600G. Pancing ini dapat kamu upgrade sebanyak dua kali dengan meng-upgrade-nya di Louis. Memancing adalah sumber uang yang bagus karena ikan-ikan yang dipancing dapat dimasak untuk memulihkan stamina dan jika kamu memancing ikan kelas besar, harganya lumayan.
            Satu hal yang harus diingat dalam memancing adalah Ponta. Rakun ini dapat membuatkan Fish Print dan memberitahu resep dengan cara memberikannya ikan yang kamu pancing. Kumpulkan 10 Fish Print agar Ponta memberitahumu spot memancing di Goddess Lake. 20 Fish Print akan membuka spot mancing di dalam Mine. Tetapi jika memancing di dalam Mine, waktu akan tetap berjalan.
            Ponta akan berada di pantai jam 3 – 7 PM dan 7 – 11PM di danau. Satu hal lagi, jika  kamu memberikan jamur (tidak termasuk Truffle) kepada para kurcaci, kamu akan mendapatkan Special Fishing Bait yang dapat kamu gunakan agar kamu tidak bisa memancing Trash selama 1 hari penuh.

ENDING
            Daya tarik utama game ini adalah 16 ending yang bisa dipilih untuk menyelamatkan desa. Setiap ending memiliki satu atau lebih karakter yang menjadi “pemeran utama” dalam ending tersebut. Di sini hanya disebutkan karakter mana saja yang terlibat dalam ending tersebut. Hal yang wajib kamu lakukan tentu saja adalah mengajak bicara dan memberi hadiah karakter – karakter tersebut untuk menaikkan pertemanan dengan mereka sampai maksimal.

Akan disebutkan juga tanggal keluarnya event- event yang ada untuk memunculkan ending yang kamu incar. Jika kamu terlewatkan satu event saja, maka kamu tidak dapat melanjutkan ending tersebut. Bila pada tanggal tersebut hujan, eventnya bisa mundur, tetapi jangan menggantungkan diri terjadi hal ini. Pada bagian tanggal, urutannya adalah (tahun pertama) Spring>Summer>Fall>Winter>(tahun kedua) Spring>Summer>Fall>Winter. Jadi jika pada event-event akhir dari Winter kembali ke Spring, itu berarti Spring tahun kedua. Berikut adalah daftar ending yang ada :

(Note: H.G Spring: Harvest Goddess Spring, Café : Sunny Garden Café)

  1. The Tale of Blue Mist and Azure Swallowtail
Karakter yang terlibat : Lyla dan Parsley
Seringlah menjual hasil panen
Event 1 : 19-24 Spring, depan rumah.
Event 2 : 2-6 Summer, depan rumah.
Event 3 : 9-14 Summer, Cafe.
Event 4 : 11-30 Summer, H.G Spring, Blue Mist harus disiram setiap hari
Event 5 : 7-11 Fall, H.G Spring
Event 6 : 24-28 Winter, Lyla’s Flower Shop
Event 7 : 9-13 Spring, Lyla’s Flower Shop
Event 8 : 2-6 Summer, depan rumah
Event 9 : 11-29 Summer, H.G Spring, sudah menanam ulang biji dan merawatnya
Event 10 : Sekitar satu minggu setelah event 9, H.G Spring.
Event 11 : 6-11 Fall, depan rumah
Event 12 : 28 Fall, Lyla’s Flower Shop, biji Wild Mint, Frost Pansy, dan Stardust dijual oleh Lyla.

  1. The Tale of the Endangered Weasel
Karakter yang terlibat : Gwen
Event 1 : 9-13 Summer, depan rumah.
Event 2 : 2-6 Fall, depan rumah.
Event 3 : 3-8 Winter, depan rumah
Event 4 : 6-10 Spring,depan rumah
Event 5 : 27 Spring – 3 Summer, depan rumah
Event 6 : 27 Spring – 3 Summer, depan rumah
Event 7 : 1-6 Fall, depan rumah
Event 8 : 12-14 Fall,PikeMountain, jam6 PMke atas
Event 9 : 15-19 Fall, depan rumah
Event 10 : 15-19 Fall,PikeMountain, 7 PM ke atas
Event 11 : 1-7 Winter, Rumah Woody
Event 12 : 12-16 Winter, depan rumah
Event 13 : 22-28 Winter, depan rumah

  1. The Tale of Golden Potato Seed
Karakter yang terlibat : Dia dan Tim
Seringla0 : 29-30 Spring, Maple Lake, jam 9 PM, ada perempuan dengan hati minimal 3 (cek di profil karakter di rumah). Jika kamu mengikuti saranku, Katie yang akan datang.
Event 11 : 1-5 Summer, Café, bawa Gold Egg dan Milk G di dalam inventory.
Event 12 : 26 Summer – 1 Fall, depan rumah.
Event 13 : 19 Fall, Café.
Event 14 : 3 Winter, Café.
Event 15 : 17 Winter, Café.

  1. The Tale of Blue Bird
Karakter yang terlibat : Aurelia
Event 1 : 16-21 Summer, Café.
Event 2 : 26 Summer – 1 Fall, Café, Beli Ocarina di Louis terlebih dahulu.
Event 3 : 7-11 Fall,Maple Lake, mainkan nada-nada yang ada ketika berada segaris dengan simbol ocarina yang ada. Meskipun gagal, tidak masalah.
Event 4 : 8-16 Fall, Woody Carpentery, kecuali hari selasa dan kamis.
Event 5 : 3-7 Winter, Café.
Event 6 : 7-11 Spring,MapleLake, gagal tidak masalah.
Event 7 : 8-13 Spring, Church
Event 8 : 6-11 Summer, depan rumah.
Event 9 : 7-23 Summer, depan rumah.
Event 10 : 8-28 Summer, Church.
Event 11 : 2-7 Fall, depan rumah
Event 12 : 3-8 Fall, Church, kamu harus sukses minimal sekali sampai tanggal 30 Fall, jika tidak, ending gagal kamu dapat.
Event 13 : 7-12 Winter, Café.

  1. The Tale ofHarvestGoddessTemple
Karakter yang terlibat : Harvest Goddess (berikan hadiah dengan cara memberi persembahan setiap hari cerah, di atas jam 12AM)
Sering-seringlah menambang.
Event 1 : 25-29 Winter, depan rumah.
Event 2 : 25 Winter – 5 Spring, Mine.
Event 3 :7-11 Spring, Mine.</ Event 15 : 11 Winter, Clove Villa.


  1. The Tale of Cake Contest
Karakter yang terlibat : Katie
Rawat hewan – hewan milikmu dengan baik karena kamu memerlukan Gold Egg dan Milk G.
Event 1 : 13-17 Fall, depan rumah, temukan resepnya di laci putih di dalam rumah.
Event 2 : 14-27 Fall, Cafe.
Event 3 : 14-27 Fall, Cafe. Bawalah Gold Egg dan Milk G di inventorimu dan bicaralah kepada Katie untuk menyerahkannya, bukan diberikan secara langsung.
Event 4 : 15-20 Winter, depan rumah.
Event 5 : 15-20 Winter, Café.
Event 6 : 21-25 Winter, Cafe, pilih I’m waiting.
Event 7 : 26-29 Winter, Cafe, pilih It’ll come off.
Event 8 : 2-6 Spring, Café.
Event 9 : 12-19 Spring, depan rumah.
Event 10 : 29-30 Spring, Maple Lake, jam 9 PM, ada perempuan dengan hati minimal 3 (cek di profil karakter di rumah). Jika kamu mengikuti saranku, Katie yang akan datang.
Event 11 : 1-5 Summer, Café, bawa Gold Egg dan Milk G di dalam inventory.
Event 12 : 26 Summer – 1 Fall, depan rumah.
Event 13 : 19 Fall, Café.
Event 14 : 3 Winter, Café.
Event 15 : 17 Winter, Café.

  1. The Tale of Blue Bird
Karakter yang terlibat : Aurelia
Event 1 : 16-21 Summer, Café.
Event 2 : 26 Summer – 1 Fall, Café, Beli Ocarina di Louis terlebih dahulu.
Event 3 : 7-11 Fall,Maple Lake, mainkan nada-nada yang ada ketika berada segaris dengan simbol ocarina yang ada. Meskipun gagal, tidak masalah.
Event 4 : 8-16 Fall, Woody Carpentery, kecuali hari selasa dan kamis.
Event 5 : 3-7 Winter, Café.
Event 6 : 7-11 Spring,MapleLake, gagal tidak masalah.
Event 7 : 8-13 Spring, Church
Event 8 : 6-11 Summer, depan rumah.
Event 9 : 7-23 Summer, depan rumah.
Event 10 : 8-28 Summer, Church.
Event 11 : 2-7 Fall, depan rumah
Event 12 : 3-8 Fall, Church, kamu harus sukses minimal sekali sampai tanggal 30 Fall, jika tidak, ending gagal kamu dapat.
Event 13 : 7-12 Winter, Café.

  1. The Tale ofHarvestGoddessTemple
Karakter yang terlibat : Harvest Goddess (berikan hadiah dengan cara memberi persembahan setiap hari cerah, di atas jam 12AM)
Sering-seringlah menambang.
Event 1 : 25-29 Winter, depan rumah.
Event 2 : 25 Winter – 5 Spring, Mine.
Event 3 :7-11 Spring, Mine.
Event 4 : 16-21 Spring, depan rumah.
Event 5 : 17-26 Spring, H.G Spring.
Event 6 : 29-30 Spring/Summer, H.G Spring, jam 6PM – 00AM, bawa Moonlight Stone di dalam tasmu.
Event 7 : Setelah menemukan kunci di event sebelumnya, Mine.
Event 8 : 11-15 Fall, depan rumah, jawab dengan The Shrine is found.

  1. The Tale of Silver Fish
Karakter yang terlibat : Joe dan Kurt
Upgrade pancingmu sampai menjadi Hyper DX Fishing Rod dan seringlah memancing.
Event 1 : 26 Fall - 10 Winter, Maple Lake, setelah 10AM, selasa dan kamis, bicaralah ke Joe.
Event 2 : 22-27 Winter, depan rumah.
Event 3 : 9-23 Spring, Maple Lake, setelah 10AM, selasa dan kamis.
Event 4 : 5-11 Summer, rumah Woody, kecuali selasa dan kamis.
Event 5 : 16-30 Summer, Maple Lake, selasa atau kamis, 6PM.
Event 6 : 16 Summer – 7 Fall, rumah Woody, kecuali selasa dan kamis.
Event 7 : 17-21 Summer/Fall, tergantung kapan kamu mendapatkan Kurt’s Fishing Rod, Maple Lake, selasa atau kamis, setelah 6PM.
Event 8 : 30 Summer/30 Fall, Maple Lake, setelah 6PM, pancing seperti biasa.
Event 9 : tanggal 11-28 pada musim setelah menangkap ikan tersebut, Café, selasa atau kamis.

  1. The Hundred Years Old Cherry Tree
Karakter yang terlibat : Tim dan Parsley
Event 1 : 6-10 Winter, depan rumah.
Event 2 : 7-20 Winter, Rumah Woody, kecuali selasa dan kamis.
Event 3 : 8-20 Winter, Café.
Event 4 : 6-10 Spring, depan rumah.
Event 5 : 26-30 Spring, depan rumah.
Event 6 : 8-13 Summer, depan rumah.
Event 7 : 18 Fall, depan rumah.
Event 8 : 2 Winter, depan rumah.
Event 9 : 15 Winter, depan rumah.

  1. The Rebirth of the True Harvest Festival
Karakter yang terlibat : Woody, Wally, dan Martha.
Event 1 : 16-20 Summer, pantai.
Event 2 : 15-19 Fall, depan rumah.
Event 3 : 11-16 Winter, depan rumah.
Event 4 : 6-11 Spring, Café.
Event 5 : 7-15 Spring, H.G Spring.
Event 6 : 8-20 Spring, rumah Woody.
Event 7 : 9-25 Spring, Clove Villa.
Event 8 : 10-30 Spring, Café.
Event 9 : 28 Summer -1 Fall, depan rumah.
Event 10 : 10 Fall, depan rumah.
Event 11 : 8 Winter, Plaza.

  1. The Holy Masterpiece
Karakter yang terlibat :Chester
Sering-seringlah menambang
Event 1 : 9-13 Summer, depan rumah.
Event 2 : 1-5 Fall,MapleLake.
Event 3 : 6-10 Fall, Mine.
Event 4 : 11-27 Fall,MapleLake.
Event 5 : 12 Fall – 4 Winter,MapleLake.
Event 6 : 8-12 Winter, depan rumah.
Event 7 : 9-29 Winter, Maple Lake, bawalah 1 dari masing-masing : Blue Rock, Rare Metal, Mineral Crystal, Orihalcum.
Event 8 : 1-7 Spring, depan rumah.

  1. The Tale of Horse Champion
Karakter yang terlibat : Bob
Event 1 : pertama kali kamu mengambil part-time di Bob, jawab Yes.
Event 2 : 2-6 Summer, depan rumah, sudah sering melakukan kerja part-time di Bob.
Event 3 : 12-16 Summer, depan rumah.
Event 4 : 15-19 Fall, depan rumah.
Event 5 : 6 Winter – 16 Spring, depan rumah.
Event 6 : 7 Winter – 17 Spring, depan rumah.
Event7 : 22Spring, Race Track, kamu pasti kalah.
Event8 : 23Spring, depan rumah.
Event 9 : 2-6 Summer, Plaza.
Event 10 : 7 Summer, area Flower/Tool Shop, diatas jam12AM.
Event 11 : 20 Summer, lakukan part-time job di tempat Bob.

  1. The Secret Fossil
Karakter yang terlibat : Rudolph
Seringlah menambang.
Event 1 : 16-20 Fall, depan rumah.
Event 2 : 15-19 Winter, depan rumah.
Event 3 : 21-25 Winter, Mine.
Event 4 : 16-21 Summer, depan rumah.
Event 5 : 8 Fall, Mine, setelah 9AM.
Event 6 : 21 Fall, Mine, setelah 9AM.
Event 7 : 3 Winter, Mine, setelah 9AM
Event 8 : 16 Winter, Mine.

  1. Louis the Inventor King.
Karakter yang terlibat : Louis
Event 1 : 6-12 Winter, Tool Shop.
Event 2 : 7 Winter – 5 Spring, Tool Shop, bawa Copper Ore, Silver Ore, dan Lumber masing – masing 1.
Event 3 : 26-30 Spring, depan rumah.
Event 4 : 11-15 Fall, depan rumah.
Event 5 : 12-29 Fall, Tool Shop, bawa Gold Ore dan Orihalcum masing-masing 1 buah.
Event 6 : 14-29 Fall, depan rumah.
Event 7 : 8 Winter, Tool Shop.
Event 8 : 15 Winter, Tool Shop.
Event 9 : 22 Winter, Tool Shop.

  1. The Legendary Baker
Karakter yang terlibat : Ronald
Juallah banyak hasil panenmu.
Event 1 : 16-27 Summer, depan rumah.
Event 2 : 17-27 Summer, Grocery Store.
Event 3 : 5-9 Fall, Grocery Store, kamu akan mendapatkan bibit breadfruit, tanam dan panen hasilnya untuk melanjutkan.
Event 4 : 15-27 Fall, Grocery Store, bawa breadfruit yang sudah kamu tanam, kamu akan mendapatkan 5 bibit lagi, tanam di H.G Spring dan rawatlah sampai dapat dipanen.
Event 5 : 24 Fall – Winter 14, Grocery Store, bawa Breadfruit yang kamu panen di H.G Spring.
Event 6 : 16-20 Winter, depan rumah.
Event 7 : 25-28 Winter, Grocery Store.

  1. Shoot for the Stars : The Greatest Farm in the World
Ini adalah ending spesial yang memiliki 3 percabangan. Selama permainan, kamu akan ditantang oleh Alice dan anak buahnya untuk mengalahkan robot ciptaannya. Seberapa banyak event yang kamu selesaikan dan pilihan yang kamu ambil akan menentukan ending yang kamu dapat. Berikut adalah event yang ada:

Mechanical Crow : 2 Winter, depan Flower Shop.
Mechanical Mole : 20 Winter, Mine.
Mechanical Tree : 5 Spring, rumah Woody.
Mechanical Horse : 22 Spring, depan rumah.
Mechanical Fish : 14 Summer, MapleLake.
Event 1 : 16 Summer – 3 Fall, Church
Event 2 : 5 Fall, depan rumah.

      Ending yang dapat dipilih ada 3, yaitu :
-          Ending A : selesaikan sampai Mechanical Horse saja dan bayar 50.000 G
-          Ending B : selesaikan seluruh Mecha event, bayar 50.000G, tetapi jangan pilih “I want to protect the village”
-          Ending C : selesaikan seluruh Mecha event, bayar 50.000G, pilih “I want to protect the village”

ENDING EFFECT
Ketika kamu menyelesaikan sebuah ending, kamu dapat melanjutkan permainanmu di tahun ketiga dan seterusnya, akan ada sedikit perubahan tergantung ending yang kamu selesaikan.
  1. The Tale of Blue Mist and Azure Swallowtail
Akan ada Blue Mist Flower yang mekar waktu Summer di H.G Spring.
  1. The Tale of the Endangered Weasel
Krvest Festival Woody Souvenir dijual di toko.
  1. The Holy Masterpiece
Suspicious Goddess Goods dijual di toko
  1. The Tale of Horse Champion
Bob akan menjual Horse Cookies
  1. The Secret Fossil
Akan ada fosil dinosaurus di dalam Mine
  1. Louis the Inventor King
Akan ada menara pengusir gagak di area Flower/Tool Shop.
  1. The Legendary Baker
Ronald akan mengisi acara di TV pada tahun keempat.
  1. Shoot for the Stars : The Greatest Farm in the World
Tergantung pilihan yang kamu pilih.



(sumber : http://www.hotgame-online.com)

35 komentar:

  1. anjing sya udah 2 hati tapi gak bisa ngelakuin perintah sit tapi kalau diam bisa

    BalasHapus
  2. @andi : saya bisa kok Coba lagi mungkin bisa :)

    BalasHapus
  3. Saya gabisa punya anjing padahal saya sudah 3 minggu kasih makan..makanan nya yg harus apa sih kok gabisa bisa

    BalasHapus
  4. Hadir
    Sip,tapi ane masih kurang hehehe

    BalasHapus
  5. gan saya boleh izin copas gak? ntar saya sertakan link sumber :)

    BalasHapus
  6. min min, itu ending shooting for the star effect A B ato C-nya kasih tau dong, salah satu aja.. biar ada gambaran gitu

    BalasHapus
  7. cara nemuin alice gimana ya :/

    BalasHapus
  8. Itu ending yg harus dipilih cuman satu atau semuanya?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mantap nich artikelnya...
    Kebetulan ane lg mau mainin game ini..
    Soalnya baru 4 hari yg lalu ane download aplikasi PPSSPP di netbook ane..
    Thank's bro...
    Ntar ane sering-sering dech mampir dsni...

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. kalo anjing kita pernah ngambek terus hatinya ilang, mau ningkatin hatinya lagi gimana ya, kak? aku coba maen ocarina, kasih red herb tiap hari, tapi hatinya ga naik naik:( reply ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan Red herb Pake telor ato susu aja. Emang di apain bisa sampe ilang hatinya ?. Di bacokin yaaa

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. itu biar lanjut ke taon ke 3 gmna gan ?
    kelarin 1 event dalam 2 taon atau kelarin semua event dalam 2taon... pencerahanya please -_- help help

    BalasHapus
  15. Gan, mau tanya nih buat event the tale of horse champion, saya nyelesaiin event sampe tgl 22 spring year 2, tapi pas tgl 23 spring year 2, ga ada event lanjutan pas 1 lawan 1 sama mechanical horsenya, itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
  16. Gan, mau tanya nih buat event the tale of horse champion, saya nyelesaiin event sampe tgl 22 spring year 2, tapi pas tgl 23 spring year 2, ga ada event lanjutan pas 1 lawan 1 sama mechanical horsenya, itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
  17. Gan, mau tanya nih buat event the tale of horse champion, saya nyelesaiin event sampe tgl 22 spring year 2, tapi pas tgl 23 spring year 2, ga ada event lanjutan pas 1 lawan 1 sama mechanical horsenya, itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
  18. Gan untuk tanggal ulang tahun / resepnya ?
    sama dengan HM save the Homeland ?

    BalasHapus
  19. Gan mw nanya klw udh Nikah ama salah satu wanita bakal balik lagi ke Year 1 Spring atau Gamennya lanjut trus?

    BalasHapus
  20. gan mau tanya gan, dulu awal main HM HOLV saat mau nambang bisa kenapa mulai bulan Autumn ketika mau nambang kok malah macet tidak bisa diapa-apain lagi, gimana ya gan

    BalasHapus
  21. Gan,klo mau nikah sama alice mecha yg harus di pilih yg mana?

    BalasHapus
  22. Ka mau tanya kalo cuman menyelasaikan 4 event mecha (kalah pas kuda) :(
    Tapi lg ngikutin 6/7event (cagar alam&wisat campuran) nnti hrs bayar 50.000G juga/enggak? Apa bsa lanjur ke thun ke-3? Makasih :)

    BalasHapus
  23. ga bisa nikah ya T_T sedih dah

    BalasHapus
  24. Kok gak bisa parttime? Hari pertama

    BalasHapus
  25. Kok gak bisa parttime? Hari pertama

    BalasHapus